KOTA BOGOR KULINER LIFESTYLE

Nih..Khasiat Jambu Biji Merah, Ternyata Bisa Menaikan Trombosit Penderita DBD Lho!

Bogor – Siapa sangka buah jambu biji merah ternyata berkhasiat bisa menaikan Trombosit dari penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD). Buktinya banyak warga Kota Bogor yang terkena DBD akibat gigitan nyamuk mematikan itu memburu laris para pedagang jambu biji merah. Bahkan buah bernama latin psidium guajava itu kini meningkat tajam.

Salah satu pembeli jambu biji merah, Ahmad mengaku baru membeli jambu biji merah karena isterinya didiagnosa oleh dokter terkena gejala DBD.

“Dua hari lalu saya cek ke dokter isteri terkena gejala DBD. Sama dokter disarankan makan jambu biji merah sama banyak minum air putih. Dan kebetulan saya sendiri memang suka jus jambu,” kata Ahmad, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Sentra terdengar, jambu biji merah baru- baru ini juga ternyata membawa berkah bagi para penjualnya, seperti ditemui Hallobogor.com, pedagang jambu biji merah di sepanjang Jalan Soleh Iskandar (Solis) Kota Bogor, Jumat (12/02).

Adalah Hidayat, salah satu pedagang jambu menuturkan, biasanya Hidayat hanya mampu menjual 50 hingga 60 kilogram jambu biji merah per hari, namun sekarang bisa sampai 80 hingga100 kilogram perhari.

“Penjualan dirasakan meningkat sejak bulan Desember hingga Februari. Para konsumen yang membeli tak hanya berasal dari kalangan atas tapi juga masyarakat biasa bahkan dari instansi pemerintahan pun kerap juga membeli jambu biji merah. Memang jambu biji merah ada khasiatnya, bisa menyembuhkan penyakit, salah satunya DBD,” tutur Hidayat.

Harga jambu, kata Hidayat, dijual dikisaran Rp10.000/kg. Para pedagang sepanjang Jalan Solis ini dapat jambu dari petani di wilayah Cilebut, Bojongggede dan Citayam.

“Tapi sekarang jambu biji agak mulai susah, karena sudah banyak lahan perkebunannya dijadikan pemukiman,” ungkapnya. (hrs)